Saya sendiri ketika menyatakan pernyataan ini dengan sendiri cukup bingung dengan apa yang saya ungkapkan. Namun ada keyakinan bahwasanya yang saya katakana itu adalah benar. I do believe that Silence is an art. Seni semacam apakah “silnce” tersebut? Tentu semua yang membaca akan mengatakan bahwa yang saya ungkapkan adalah bodoh karena memang pada kenyataannya kehampaan itu membuat berfikir lebih konsen dan terfokus. Namun pergi dari situ, banyak yang menjadi gila karena kehampaan tersebut. Disinilah timbul konsep “silence sebagai sebuah seni berfikir”. Bagaimana kita bisa menggunakan kehampaan itu untk menemukan jalan di otak dan perasaan kita yang amat kompleks. Bagaimana kita bisa mengatasi kehampaan tersebut dan tetap waras. Bahkan bagaimana kita bisa menciptakan kehampaan tersebut ditempat yang ramai.
Tentu banyak cara membuat berfikir lebih baik, seperti alunan musik. Namun semua itu tidak akan kita berfikir dengan penuh kuasa. Mengapa? Karena alunan musik tersebut mempengaruhi cara fikir kita. Dibandingkan dengan berfikir dalam alunan suar, berfikir dalam kehampaan akan membuat kita menemukan jalan tanpa pengaruh dari manapun sehingga ketika pengambilan “hasil” akan dilakukan secara sadar dan sendiri. Ketika dalam kehampaan, Hanya diri kita yang mempengaruhi pikiran. Pada saat hampa kita menguasai pikiran kita. Keadaan dimana kita memanfaatkan kehampaan itu untuk menguasai diri kita itulah yang saya sebut sebagai seni.
Contohnya ketika sholat istikhoroh, disarankan untuk kita sholat dalam keadaan hening dan hampa. Semua itu untuk membuat kita jauh lebih sadar dengan apa yang kita pikirkan dan inginkan sehingga petunjuk yang diberikan oleh ALLAH SWT akan terlihat lebih jelas ketika kita menguasai pikiran kita secara penuh dalam kehampaan tersebut. Dan karena kita menguasai diri, hati akan lebih jernih dan semakin dekat denganNYA.
Namun kehampaan total itu tidak akan bisa kita temukan dibelahan manapun didunia ini. Disinilah perlunya penguasaan seni berfikir tersebut. Bagaimana kita bisa menciptakan kehampaan dalam bisingnya dunia. Dan itulah dasar” dari berbagai seni bela diri. Keadaan dimana kita bisa menciptakan Hampa tersebut adalah yang biasa kita sebut dengan Meditasi. Banyak orang berfikir meditasi adalah duduk berjam jam dalam posisi tertentu. Namun meditasi cukup dengan menciptakan kehampaan dan menguasai pikiran kita secara penuh. Meditasi, initi dari seni yang saya uraikan, adalah unsur yang dasar dan dapat menjadi inti dari semua yang kita lakukan. Karena dengan menguasai diri, semua akan lebih mudah.

0 komentar:

Posting Komentar